limfoma hodgkin


Hai semua nya, disini aku mau ceritain pengalaman aku, tentang penyakit aku, tapi sebelumnya aku mau kenalin diri aku dulu ya.
Nama aku Berliana Dian, biasa dipanggil Berlin, kadang BD juga sih, umur aku 14 tahun, sekolah di SMPN 1 Tangerang kelas 3 Smp. Oke aku kira cukup yahhh kenalan nya hehe.
Aku terdiagnois LIMFOMA HODGKIN (Kanker Kelenjar Getah Bening), sejak bulan November 2015. Gejala awalnya sih aku ada benjolan kecil dileher kiri tapi timbul ilang timbul ilang, nah terus pas bulan agustus 2015 benjolannya menetap, dan membesar disebelah kanan. Dikira sih gondongan, ternyata pas aku dibawa ke dokter ternyata ini katanya kelenjar, mendengar kata kelenjar mama sama aku udah kuatir aja deh, akhirnya dirujuk ke RSU tangerang, diusg leher, hasilnya kelenjar getah bening, nah dokter spesialis bedah di RSU tangerang menyarankan biopsi untuk mengetahui jenis penyakitnya, nah berhubung RSU tangerang gaada alat biopsi nya, aku dirujuk lagike RSUD Kabupaten Tangerang, akhirnya pada tgl 10 november 2015 aku dibiopsi atau bisa dibilang operasi kecil untuk mengambil sample jaringan. Nah hasilnya keluar sekitar tgl 17 november 2015 menyatakan tumor, tapi masih harus diperiksa Pantologi Anatomi, untuk mengetahui keganasan tumornya, akhirnya dirujuk lagi ke RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta, pas diperiksa lagi sample jaringan nya hasil PA nya menyatakan Limfoma Hodgkin,  tapi masih harus periksa lagi namanya periksa Imunohistokimia, hasil akhirnya ttp menyatakan LIMFOMA HODGKIN Stadium III. Saat hasilnya dibacakan dr.Murti ternyata tindakan pengobatannya harus dengan kemoterapi, dan sedihnya lagi dokter memfonis aku untuk cuti sekolah selama satu tahun, kalian bisa bayangin deh guys, harus cuti sekolah. Tapi ya mau gimana lagi kan, awalnya sih aku ga bisa terima, tapi makin kesini aku makin bisa terima lah ya, ya soalnya mungkin itu adalah jalan dari Tuhan buat aku. Sebelum tindakan kemoterapi, aku di medical check up dulu, kaya Ct scan, rongent, Usg perut, bmp atau pengambilan cairan di sumsum tulang. Setelah semua selesai, Syukurlah hasilnya semua bagus,belum menyebar benjolannya.
Nah, akhirnya tanggal 21 desember 2015 kemoterapi protokol 1OPPA lembar pertama, siklus nya 15 harisatu lembar, pengalaman yg aku rasain saat kemo pertamaadalah begitu panasnya cairan kemoterapi itu, efeknya aku demam, ganafsu makan, sariawan,bibir pecah2, langit2 gosong, nahh disitu rambut aku udah mulai rontok, pas pulang kerumah, rambut aku mulai rontok drastis, disenggol dikit langsung jatuh, duhh kemo pertama aja udah rontok gini, down jugan sih sebenernya guys, Cuma nih tips dari aku kalo dikemo itu harus banyak makan dan minum yaa. Mindset awal aku itu kalo dikemo aku bakal kurus keringlah, kulit gosong dansebagainya. Tapi Tuhan berkehendak lain,aku jadi gemuk, kulit aku makin putih, dan lebih bersyukurnya lagi dokter bilang respon pertama aku bagus. Sebenernya sih obat yg paling ampuh itu semangat dari diri kita sendiri, dan jangan lupa berdoa ya, yakin dan percaya aja, Tuhan gabakal kasih cobaan diluar batas kemampuan kita. Ya ga?
Nahh hari terus berjalan, tanggal 29 januari 2016 kemo kedua dimulai,protokol 1OPPA lembar kedua. Sama aja sih kaya lembar pertama, Cuma mungkin aku udh lebih kuat aja menghadapi nya, intinya semangat aja ya guys kalo kalian mengalami hal kaya aku. Kemo terus berjalan ya walaupun kadang terlambat akibat antrian kamar yg lama, ya wajar lah bpjs kan harus sabar yaudahlah jalanin ajahhh. Tanggal 2 maret 2016 mulai deh protokol ke2COPP lembar pertama atau bisa dibilang kemo ketiga, tapi dikeemo ketiga ini rambut aku udah mulai tumbuh lagi, kaya bayi gitu deh, terus pipiku jadi chubby2 gimana gitu heehe. Tanggal 21 maret 2016, kemo protokol ke2 COPP lembar keduaatau kemo keempat dimulai, nah sekarang aku lagi proses kemo kekelima mulai tanggal 14 april 2016 kemarin, doain aja ya guys, aku Cuma6 kali kemo, semogannti pas dievaluasi hasilnya bagus semua.


Nah sebelum aku tutup artikelnya, aku mau berbagi pengalaman, apa penyebab penyakit aku ini, dokter sih bilang dari pola makan sama pola hidup.
Pola makan ya dulu kan aku sering bngt makan-makanan kaya junkfood, minum softdrink, makan yang banyak pengawet pengawetnya, nah yg paling sering itu makan mie instan. Ya abis gimana itukan enak ya ga?, terus aku kan paling ga suka sayur, buah pun jarang, jadi saat imun aku lagi lemah atau kekebalan tubuh aku lagi lemah,bakteri itu menumpuk deh di kelenjar getah bening aku.
Kalo dari pola hidup sih kaya kecapean, kurang tidur, belajar ga teratur, ya kurang istirahat gitu deh.
Jadi kalo buat kalian, kurang-kurangin deh makanan yg banyak pengawet-pengawetnya, soalnya selama aku berobat disini banyak banget deh anak anak dibawah 15 tahun kena kanker,ya itu semua dari pola makan, jadi buat kalian aku berbagi pengalaman aja, lebih baik makan masakan rumah deh, yg ga peke pengawet, ga pake mecin penyedap rasa gitu dan pastinya lebih higenis ya ga?..
Okee udah dulu ya guys, nnti aku bakal berbagi pengalaman lagi buat kalian.semoga artikel ini bermanfaat buat kalian. Byeee  

Komentar

  1. Semangat yaaa sayang... Semoga lekas pulih. Bisa kembali sekolah lagi. Iyaaa kamu makin chubby sayang.... GemeZzzz... Klo deket pengen di remezzzzz...

    Tetep semangat dan kami selalu mendoakan.

    Love U.. Miss U...
    Kiss kiss big hug
    Muuuaaaah... muuuaaaah....

    (Tante Dede, Om Daud, Ridho&Radho)

    BalasHapus
  2. Ma syaa Allaah, Semangat Dian...
    Lawan penyakinya, kamu harus lebih kuat dr penyakit itu.

    Miss you my lovely 😘

    BalasHapus
  3. Ma syaa Allaah, Semangat Dian...
    Lawan penyakinya, kamu harus lebih kuat dr penyakit itu.

    Miss you my lovely 😘

    BalasHapus
  4. Bedeeeee,semangaatttt yaaa.Jangan lupa berdoa sama Tuhan harus percaya pasti Tuhan kasih jalan.Gamungkin tuhan kasih yg buruk buat kamu����
    Jangan pernah namanya nyerah
    Jangan pernah namanya lelah
    Pasti bisa sembuh,bisa sekolah lagi��
    Nanti kalau udah sembuh kita ketemu disekolah yak��
    Jbu��

    BalasHapus
  5. Semangat terus jalani hidup ya, semoga sehat selalu.. terima kasih sharenya sangat bermanfaat.. dan penuh inspirasi..

    BalasHapus
  6. Nama sy isur , pny masalag juga nih ama benjolan di leher bawah sy sblh kanan, udh di usg emang ada benjolan skitar 1 cm, udh di rontgen paru2 baik aza, konsul ke dr bedah disuruh operasi biopsi utk mngetahui penyakitnya, cuman yg bikin sy ragu ada gak dampak hbs biopsi, krn ada juga dgr dr teman,katanya akan bertambah parah, krn dilukai oleh sayatan operasi, blh dong ksh tau infonya dampak dr biopsi ini, ditunggu ya infonya krm az ke email sy izurtapin@gmail.com
    Trm ksh

    BalasHapus
  7. selain ada benjolan di leher, ada ciri" awal lain yang dirasakan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman tentang sinar/ radiasi