Hai guys, maaf ya aku baru luangkan waktu buat update blog ini, dan banyak juga sih yang request buat lanjutin lagi, kata nya terharu dan sebagainya. Bersyukur banget soalnya blog yg aku buat ini bisa jadi manfaat buat kita semua. Oke kita lanjut aja ya.
Jadi, tepat tanggal 21 Mei 2016 aku menyelesaikan tahapan kemoterapi. Bersyukur banget masih dikasih kesempatan sama Tuhan buat menikmati nafas kehidupan, dan buat menjaga tubuh ini menjadi yang lebih baik dari sebelumnya.
Setelah kemoterapi itu ada yang namanya evaluasi atau pengecekan keseluruhan. Nah, metode yang dokter sarankan adalah CT Scan. Disini adalah saat dimana aku bener2 deg-degan, karna disinilah yang menentukan aku sembuh atau engga nya. Hasilnya keluar, aku sama mama membawa hasil itu ke dokter, dokter membaca kan hasilnya, dokter bilang massa tumor nya mengecil sangat signifikan karena dipengaruhi oleh kemoterapi tersebut. Walaupun ada sedikit lagi massa tumor nya. Tapi yang buat aku senang itu, dokter udh bolehin aku untuk sekolah lagi, beraktivitas lagi setelah kurang lebih 8bulan aku ga sekolah kaya temen2 aku, sampe ga ikut UN karna pas UN aku lagi di ruangan kemo. Okee itu udah berlalu.
Dokter bilang aku kontrol setiap 1 bulan sekali. Nah berhubung sekolah masih libur, aku refreshing deh ke Palembang, ke tempat nenek dari Mama. Soalnya orang tua dari papa udah ga ada. Yang biasanya kalo ke Palembang naik mobil sama papa Mama adek2, sekarang aku naik pesawat cuma berdua sama adek perempuan aku. Mutiara. Papa mama sama adek laki2 aku naik mobil. Bener2 fresh banget, diajak sama bunda, adek nya mama keliling Palembang, ya walaupun banyak hal yang ga bisa aku lakuin, tapi disaat itu papa terbaring sakit karena kecapean, so, yang tadinya perasaan senang, menjadi sedih karna itu, papa harus dirawat di RS Palembang. Sedih bercampur haru apalah yang aku rasain waktu itu. Akhirnya papa pulang sama adek2 naik pesawat duluan, sedangkan aku 2hari setelah itu baru pulang karena udh booking tiket duluan. Mobil, Om yang bawa ke Tangerang. Udah ya cerita di Palembang nya.
Tanggal 12 aku check-up ke dokter, dokter bilang massa tumor nya masih ada, dan aku harus dikonsultasikan ke Radioterapi, seketika down guys, karena yang aku tau Radioterapi itu di sinar, beneran disitu down nangis, ga mau ke dokter lagi apalah, semua pikiran aku amburadul ga karuan. Disuruh ke dokter malah gamau sampe 1bulan aku ga kedokter, tbtb dokter WA mama, nanyain aku gmn, udh ke Radioterapi belum, kata dokter nya yaudah Konsul dulu ke dokter nnti biar dijelasin. Akhirnya aku mau ke dokter buat denger penjelasan nya. Dokter bilang "Berliana mau sembuh nya 100% kan? Tanggung loh Berliana udah cuti 1tahun sekolah, tapi hasilnya cuma 80%, sayang waktu yg udah Berliana luangkan untuk berobat, jadi supaya waktu itu ga sia-sia, Berliana mau ya di sinar, supaya sembuh nya 100%." Disitu aku nangis , dokternya juga ikut nangis karena liat Mm sama aku nangis. Akhirnya hati aku terbuka buat melakukan semua itu, aku mau sembuh, aku mau gapai cita-cita aku, aku gamau sia-siakan ini.
Setelah hari itu aku Konsul ke Radioterapi, dokter bilang aku harus di sinar atu di radiasi sebanyak 18kali, awalnya aku ga terima, kenapa sih aku selalu dikasih cobaan yg ga orang lain rasain, serasa akulah yg paling buruk di dunia ini. Tapi kembali aku ingat ada Tuhan yang selalu menenangkan hati aku, yang bisa buat aku kuat kaya gini itu karna Tuhan, selalu ada buat aku, selalu pimpin aku, selalu sayang sama aku, dan pertolongan nya ga pernah terlambat.
Oiya kalian mungkin terlalu asing mendengar kalimat 'sinar' atau 'radiasi' itu adalah metode penghancuran sisa massa tumor setelah kemo, jadi nnti ada sinar radiasi gt yg dipancarkan ke arah tumor nya, selama 15mnt dan banyak juga efek samping nya. Seperti bakal susah menelan, bakal selalu kering tenggorokan nya, dannn bakal memerah bahkan bisa jadi gosok kulitnya. Bayangin deh kalian, aku udah berjuang buat lewati kemo itu yg efek nya , rontokin rambut dll, dan sekarang harus berjuang lagi buat Lewati sinar ini.
Tapi guys, yakin deh kalo apa yang terjadi hari ini itu, bakal jadi indah buat hari esok, apapun yg terjadi hari ini pasti bakalan ada hikmah nya buat hari esok. ~Tidak semua hal yang terlihat mudah itu bisa bermanfaat, tapi perjuangan lah yang bisa membuat kita jadi yang lebih kuat, bukan orang yang lemah~
Udah dulu yaa, aku janji ko bakal update lagi ko. Byeee. Semoga bermanfaat yaa

Komentar

  1. Semangat Elin sayang ku, yang kuat ya vriendschap selalu ada buat elin๐Ÿ’˜๐Ÿ˜˜ jangan pernah merasa sendiri. Yakin tuhan pasti sayang sama kita. Kita semua juga sayang sama elin๐Ÿ˜˜


    -Sabrina

    BalasHapus
  2. Semangat Elin sayang ku, yang kuat ya vriendschap selalu ada buat elin๐Ÿ’˜๐Ÿ˜˜ jangan pernah merasa sendiri. Yakin tuhan pasti sayang sama kita. Kita semua juga sayang sama elin๐Ÿ˜˜


    -Sabrina

    BalasHapus
  3. Semangat ya BD hehe, semoga cepet sembuh!!

    BalasHapus
  4. Tuhan tau apa yang terbaik untuk hambanya. Inget bed, Tuhan ga pernah ngasih cobaan yang diluar batas untuk hambanya. Lu harus bangga, lu kuat, lu hebat��

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

limfoma hodgkin